Jam

Latihan US Bahasa Indonesia 2015

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-5
Sepulang sekolah, Ali diberitahu ibunya bahwa Tono sedang sakit dan dirawat di rumah sakit. Ali merasa sedih mendengar kabar tersebut. Ali membayangkan betapa sedih orang tua Tono. Selain Tono anak tunggal, orang tua Tono tergolong tidak mampu.
Tono adalah teman bermain Ali. Rumah mereka bersebelahan. Hampir setiap hari mereka berdua bermain bersama. Keakraban mereka sudah seperti saudara sendiri.
Ali berpikir, bagaimana cara membantu Tono dan orang tuanya. Ali mempunyai gagasan mengumpulkan sumbangan dari teman-teman untuk diberikan kepada orang tua Tono. Gagasan Ali disampaikan kepada Budi, teman dekat Ali.
Budi sangat setuju dan mendukung gagasan Ali. Budi langsung memberikan sumbangan. Ia menyumbangkan uangnya dengan ikhlas.
Budi langsung mengajak Ali menemui teman-teman. Ali dan Budi segera pergi ke rumah Tuti. Kebetulan Tuti sedang di rumah.
Dikutif dari Bahasaku Bahasa Indonesia 4 Pusat Perbukuan Kemendiknas

1.         Apa judul yang tepat untuk teks bacaan tersebut di atas?
A.       Perselisihan
B.       Persahabatan
C.       Pertengkaran
D.       Pertentangan

2.        Siapakah yang menjadi teman Tono?
A.       Ali dan Budi
B.       Budi dan Tono
C.       Ali dan Tina
D.       Budi dan Tina

3.        Berikut ini beberapa kalimat tanya yang sesuai dengan paragraph kedua, kecuali …
A.       Dimanakah letak rumah Tono?
B.       Siapakah teman bermaian Ali?
C.       Bagaimana perasaan Ali ketika bertemu Tono?
D.       Kapan mereka bermain bersama?

4.        Gagasan pokok yang tepat pada paragraf  ketiga adalah …
A.       Gagasan disampaikan kepada Budi.
B.       Memberikan sumbangan kepada teman-temannya.
C.       Ali mempunyai gagasan mengumpulkan sumbangan.
D.       Bagaimana cara membantu Tono dan orang tuanya.

5.        Kalimat yang sesuai dengan paragraf keempat adalah …
A.       Budi sangat setuju dan mendukung gagasan Ali. Budi langsung pergi dengan Tono memberikan sumbangan.
B.       Budi sangat setuju dan mendukung gagasan Ali. Budi langsung memberikan sumbangan.
C.       Mereka menyumbangkan uangnya dengan ikhlas. Sumbangan diberikan ke panti asuhan.
D.       Mereka menyumbangkan uangnya dengan ikhlas.  Sumbangan diberikan kepada Budi.

6.        Perhatikan petunjuk penggunaan obat berikut!
     Anak-anak 3×1 sendok makan per hari, usia 6-12 tahun
     Dewasa 3×2 sendok makan per hari, di atas usia 12 tahun

Nak Sinta sakit batuk. Dosis tepat untuk meminum obat berbentuk sirup ini adalah …
A.       Sekali minum empat sendok, diminum tiga kali sehari.
B.       Sekali minum tiga sendok, diminum tiga kali sehari.
C.       Sekali minum dua sendok, diminum tiga kali sehari.
D.       Sekali minum satu sendok, diminum tiga kali sehari.

7.        Petunjuk penggunaan setrika listrik.
1.    Panas yang terlalu tinggi secara otomatis lampu peringatan akan mati dengan sendirinya.
2.    Tunggu beberapa detik sehingga setrika panas.
3.    Sambungkan kabel setrika listrik dengan sumber listrik.
4.    Atur pula tingkat kepanasan untuk jenis kain yang akan disetrika.
5.    Putar tombol otomatis sehingga lampu peringatan menyala.

Urutan yang tepat penggunaan setrika listrik di atas adalah …
A.       3-5-4-2-1
B.       3-5-4-1-2
C.       3-5-2-1-4
D.       3-5-1-2-4

8.        Bacalah rubrik surat pembaca berikut!
Gunung Gede untuk sementara ditutup, karena sedang pembersihan sampah plastik. Oleh karena itu, kepada para pendaki mohon untuk tidak melakukan aktivitas dahulu.

Kalimat saran untuk kalimat tersebut adalah …
A.       Gunung Gede sebaiknya ditutup saja, dari pada banyak sampah plastik yang menjadi polusi.
B.       Mari kita lakukan pembersihan sampah di jalur pendakian Gunung Gede, agar lebih asri.
C.       Pendaki yang turun dari Gunung Gede agar membawa kembali sampah plastik yang ditinggalkannya.
D.       Sebaiknya pihak pengelola Gunung Gede ada petugas khusus pemungut sampah plastik di Gunung Gede.

9.        Bacalah pengumuman berikut!
Sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan SD Negeri Imam Bonjol. Maka siswa-siswi kelas 5 dan 6 diharapkan hadir pada pekan “Rindang, Sejuk dan Asri”, pada tanggal 13 April 2015. Waktu pukul 13.00-16.00 wib. Tempat halaman sekolah. Acara utama menanam kembali tanaman yang mati, memupuk tanaman sayur-sayuran dan membersihkan pot-pot bunga dari rerumputan. Jangan lupa! Membawa pupuk kandang bagi yang mempunyai hewan ternak dirumahnya dan alat-alat kebersihan.

Isi pengumuman di atas adalah …
A.       Mengajak siswa-siswi kelas 5 dan 6 untuk mencintai lingkungan sekolah sendiri.
B.       Mengajak siswa-siswi  kelas 5 dan 6 untuk melaksanakan pekan kebersihan.
C.       Mengajak siswa-siswi kelas 5 dan 6 untuk memupuk tanaman sayur-sayuran.
D.       Mengajak siswa-siswi kelas 5 dan 6 untuk memelihara ternak di rumah.

10.    Bacalah teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 10-12!
 Komandan Dika : (merayap dengan sangat hati-hati agar tidak terlihat musuh, seketika itu berdiri).
      “ Serang ... serang … serang!”
 Pejuang Muda    : (serentak bersama-sama sambil berlari, sambil mengangkat bambu runcing).
                              “ Serang … serang … serang!”
 Tentara Musuh   : “ Wah kita diserang tiba-tiba” (mereka kepanikan berhamburan).
                               “ Ayo, ambil persenjataan kalian! Cepat … cepat!”

Tokoh utama dalam teks drama di atas adalah …
A.       Komandan Dika dan Tentara Musuh.
B.       Pejuang Muda dan Pejuang Tua.
C.       Tentara Musuh dan Pejunag Tua.
D.       Komandan Dika dan Pejuang.

11.    Latar tempat dalam teks drama di atas adalah …
A.       halaman pertempuran.
B.       arena pertempuran
C.       ruang pertempuran.
D.       lapang pertempuran.

12.    Amanat dalam teks drama di atas adalah …..
A.       Setiap saat kita harus selalu waspada.
B.       Setiap saat kita harus selalu menunggu perintah.
C.       Setiap saat kita harus selalu belajar.
D.       Setiap saat kita harus selalu taat pada komando.

13.    Bacalah paragraf berikut!
(1) Mineral yang terbawa oleh air dari gunung-gunung membawa manfaat yang besar bagi manusia (2) Akhir dari perjalan air sampai di laut. Di laut mineral yang terbawa tadi mengendap, sehinga air laut terasa asin (3) Sayang sekali, selama perjalan air dari hulu ke hilir sekarang banyak polusi: baik berupa kotoran, limbah pabrik, dan sampah. (4) Air mengalir dari hulu kehilir, perjalanan air mengalir tentunya membawa berbagai mineral dari dalam tanah.

Kalimat utama paragraf di atas terdapat pada nomor …
A.       (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.       (4)

14.    Bacalah teks percakapan berikut! 
Nina           : “Hai, Div! Apakah kamu sudah mengumpulkan tugas IPS tentang kunjungan
                     ke pasar.”
Diva           : “Belum. Kamu sudah, Nin?”
Nina           : “Aku sudah. Kemarin aku diajak ibu berbelanja di pasar tradisional.”
Diva           : “Apa saja yang kamu lihat saat berbelanja di pasar?”
Nina           : ...

Jawaban Nina dari percakapan di atas adalah …
A.       Baju, barang eletronika, sayur-sayuran, ikan, daging, bumbu-bumbu dapur.
B.       Baju, sayur-sayuran, ikan, daging, buah-buahan, sandal, bumbu-bumbu dapur.
C.       Baju, ikan daging, gadget, lampu, sayur-sayuran bumbu-bumbu dapur.
D.       Baju, sayur-sayuran, barang eletronika, buah-buahan, sepatu, sandal.

15.    Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 15, 16 dan 17!
Menggunakan bahan bakar yang berasal dari fosil sekarang cadangannya sudah sangat menipis. Oleh karena itu, sebagai penggantinya energi alternatif. Salah satu energi alternatif yaitu energi biogas yang menjadi bahan utamanya kotoran ternak.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …
A.       Energi biogas murah harganya dan tersedia banyak di warung.
B.       Energi alternatif di rumah tangga kita bisa menggunakan energi biogas.
C.       Menggunakan bahan bakar dari fosil akan mengurangi polusi udara
D.       Energi alternatif tidak perlu dikembangkan pada saat ini.

16.    Kata fosil dalam paragraf tersebut memiliki arti …
A.       Batuan yang tertimbun pada zaman purba.
B.       Sisa-sisa hewan purba yang tertimbun dalam tanah.
C.       Sisa-sisa mahluk hidup pada zaman purba dan tertimbun dalam tanah.
D.       Batuan yang mencair pada zaman purba dan tertimbun dalam tanah.

17.    Sinonim kata menipis pada paragraf di atas adalah …
A.       lebih banyak
B.       habis
C.       bertambah
D.       berkurang

18.    Bacalah ilustrasi berikut!
Semangat belajarku pantang surut, tapi sewaktu memenerima pelajaran di kelas, tak satupun yang diterangkan oleh guru masuk ke otak. Makanya aku berusaha untuk giat belajar di rumah.

Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah …
A.       Bagai aur dengan tebing.
B.       Bagai air di daun talas.
C.       Bagai anjing dengan kucing.
D.       Bagai telur di ujung tanduk.

19.    Bacalah ilustrasi berikut!
Maksudku ingin memancing di danau, karena hari ini ingin sekali memakan goreng ikan. Tapi apalah daya, tak ada satu ikanpun yang mau memakan umpanku. Aku pulang ke rumah dengan menggerutu.

Ungkapan yang sesuai untuk ilustrasi tersebut adalah …
A.       tangan hampa
B.       tangan terbuka
C.       tangan kanan
D.       kaki tangan

20.    Bacalah pantun berikut!
Ada sisir monyet berkaca 
Ada kuda mirip keledai 
Rajin menulis rajin membaca 
Itu pertanda anak yang pandai

Pesan yang terkandung dalam pantun tersebut adalah …
A.       Bila ada sisir segeralah rapihkan rambutmu.
B.       Bila kita ingin pandai sebaiknya harus rajin membaca.
C.       Bila kita rajin menulis tentu harus rajin membaca.
D.       Bila ada kuda atau keledai tentu jangan diganggu.

21.    Bacalah dua teks berikut!
  Teks 1
Menjelang perayaan HUT RI biasanya selalu diadakan kegiatan pesta rakyat. Beragam kegiatan diantaranya: panjat pinang, balap karung, lomba makan kerupuk dan lain-lain. Tentunya yang suka jadi persoalan kegiatan adalah sumber dana. Kalau warga kurang peduli tentunya sulit kegiatan itu dilaksanakan.

  Teks 2
Sebagai bentuk kepedulian warga masyarakat terhadap lingkungannya adalah bergotong royong dan mengumpulkan uang untuk keperluan: membersihkan parit, membangun rumah jompo, membangun mushola dan lain-lain. Tujuannya untuk membangaun rasa kebersamaan dan kepedulian sesama warga.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah …
A.       bergotong royong
B.       pesta rakyat
C.       dana kegiatan
D.       kepedulian lingkungan

22.    Perhatikan jadwal pemberangkatan pesawat terbang untuk soal nomor 22 dan 23!
No
Nama Maskapai Penerbangan
Jurusan
Berangkat
Tiba
1
Garuda Indonesia Air
Jakarta - Singapura
07.45
09.15
2
Mandala Air
Jakarta - Surabaya
14.15
15.00
3
Lion Air
Jakarta - Hongkong
10. 42
12.27
4
Batavia Air
Jakarta - Denpasar
21. 30
22.20

Pernyataan yang sesuai dengan jadwal pemberangkatan pesawat terbang tersebut adalah …
A.       Maskapai penerbangan Lion Air tujuan Hongkong berangkat pukul 10.42 dan tiba pukul 15.00.
B.       Maskapai penerbangan Garuda Indonesia Air tujuan Singapura berangkat pukul 07.45 dan tiba pukul 09.00.
C.       Maskapai penerbangan Mandala Air tujuan Surabaya berangkat pukul 14.15 dan tiba pukul 16.00.
D.       Maskapai penerbangan Batavia Air tujuan Denpasar berangkat pukul 21.30 dan tiba pukul 22.20.

23.    Jurusan penerbangan yang berangkat lebih awal adalah …
A.       Batavia Air jurusan Denpasar.
B.       Garuda Indonesia Air jurusan Singapura.
C.       Mandala Air jurusan Surabaya.
D.       Lion Air jurusan Hongkong.

24.    Bacalah puisi berikut!
Negaraku Indonesia
Negaraku Indonesia
Indah dan permai
Bagiku oh
Sekali Indonesia tetap Indonesia
Tak kan pernah tergantikan
Ku tetap semangat
Walau Belanda menjajahmu
Aku kan membelamu sepanjang masa
Indonesia negaraku
Yang setia dan kucinta
Karya Ni Pt Eka Mira Dewi (http://www.senaya.web.id/)

Isi yang terkandung dalam puisi tersebut adalah …
A.       Satu Indonesiaku tetap jadi pujaanku.
B.       Setia dan taat terhadap Negara Indonesia.
C.       Negara Indonesia menjadia impian.
D.       Negara Indonesia menjadi negara cinta damai.

25.    Bacalah cuplikan cerita di bawah ini!
Alkisah, ada sebuah cerita, di daerah Kampar pada zaman dahulu hiduplah si Lancang dengan ibunya. Mereka hidup sangat miskin. Mereka berdua bekerja sebagai buruh tani.
Untuk memperbaiki hidupnya, maka Si Lancang berniat merantau. Pada suatu hari ia meminta ijin pada ibu dan guru ngajinya. Ibunya pun berpesan agar di rantau orang kelak Si Lancang selalu ingat pada ibu dan kampung halamannya. Ibunya berpesan agar Si Lancang jangan menjadi anak yang durhaka.
Si Lancang berjanji pada ibunya tersebut. Ibunya menjadi terharu saat Si Lancang menyembah lututnya untuk minta berkah. Ibunya membekali sebungkus lumping dodak, kue kegemaran Si Lancang.

Kesimpulan dari cuplikan cerita tersebut di atas adalah …
A.       Si Lancang hidup dengan orang tua yang kaya raya.
B.       Si Lancang berniat pergi merantau ke negeri lain.
C.       Si Lancang memakan lumping dodak, kue kegemarannya.
D.       Si Lancang menyembah lutut ibunya untuk minta berkah.

26.    Teks berikut untuk nomor 26 dan 27.
Telah diselenggarakan  perayaan Hari Kartini tanggal 21 April 2015, tempat SD Negeri Karang Utama, mulai pukul 08.00-14.00 tema kegiatan “Membangun Perempuan Mandiri”.
Kegitan selain upacara peringat  hari kartini, dilaksanakan pula berbagai kegiatan untuk guru dan siswi. Petugas upacara semuanya putri yang semuanya berkebaya. Ibu Guru juga mengenakan pakaian kebaya.
Untuk lebih meriahnya acara ini dilaksakan pula lomba berkebaya untuk putri kelas 1-6  serta lomba masak antar kelompok belajar kelas 5 dan 6.

Isi laporan tersebut adalah tentang …
A.       Lomba memasak di SD Negeri Karang Utama.
B.       Kegiatan “Membangun Perempuan Mandiri”.
C.       Memperingati Hari Kartini.
D.       Petugas upacara mengenakan kebaya.

27.    Kalimat yang digarisbawahi diperbaiki menjadi …
A.       Kegitan selain upacara peringatan  Hari Kartini, dilaksanakan pula berbagai kegiatan untuk guru dan siswi.
B.       Kegitan selain upacara peringati  Hari Kartini, dilaksanakan pula berbagai kegiatan untuk guru dan siswi.
C.       Kegitan selain upacara memperingat  Hari Kartini, dilaksanakan pula berbagai kegiatan untuk guru dan siswi.
D.       Kegitan selain upacara memperingati  Hari Kartini, dilaksanakan pula berbagai kegiatan untuk guru dan siswi.

28.    Bacalah percakapan berikut!
Rizal              : “Min, lihat ini barangku baru!”
Mina              : “Apanya yang baru, Zal? Oh, HP Android!”
Bintang         :  “Asyik dong Min, biasa pinjam untuk nge-game.”
Rizal              : “ Mina, Bintang ini untuk belajar internet!”

Topik percakapan di atas adalah …
A.       HP baru Android untuk internet.
B.       Membeli HP Android dari toko.
C.       Main game dari HP Android.
D.       HP model terbaru, dari ibu.

Cermati paragraf di bawah ini untuk soal nomor 29-31!
Pengertian Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh kekuatan gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Ada yang mengatakan Abrasi sebagai erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipengaruhi oleh gejala alami dan tindakan manusia. 
Tindakan manusia yang mendorong terjadinya abrasi adalah pengambilan batu dan pasir di pesisir pantai sebagai bahan bangunan. Selain itu penebangan 
pohon-pohon pada hutan pantai atau hutan mangrove memacu terjadinya abrasi pantai lebih cepat.

29.    Ringkasan dari paragraf  tersebut di atas  adalah …
A.       Kekuatan gelombang laut bisa mengikis pantai.
B.       Abrasi karena gejala alami dan ulah manusia.
C.       Penebangan hutan mangrove di pantai.
D.       Pengambilan pasir dan batuan pantai.

30.    Tema yang terkandung dalam paragraf tersebut adalah …
A.       Pemeliharaan hutan mangrove.
B.       Pengambilan pasir pantai.
C.       Pantai rusak akibat abrasi.
D.       Pelestarian hutan mangrove.

31.    Pesan yang terkandung dalam paragraf tersebut adalah …
A.       Manfaat pantai bagi manusia untuk berekreasi.
B.       Batu dan pasir pantai boleh digunakan untuk bangunan.
C.       Kekuatan gelombang laut biasa dimanfaatkan oleh manusia.
D.       Mengurangi abrasi dengan menanam pohon mangrove.

Puisi untuk nomor 32 dan 33
Guruku
Setiap pagi kau datang
Menjemput asa
Kutunggu di depan kelas
Kegembiraan datang
Hati ini tenang bila ada
Tanpamu tak ada ilmu
Tanpamu dunia tak terbuka
Guruku jendela ilmu aku tuntut

32.    Pernyataan yang sesuai dengan isi puisi di atas adalah …
A.       Guru selalu memberikan ilmunya untuk anak didiknya.
B.       Buku-buku sebagai pintu masuk pengetahuan dunia.
C.       Setiap hari guru akan datang kesekolah untuk belajar.
D.       Menuntut ilmu itu harus sampai tuntas.

33.    Makna kata asa dalam puisi di atas adalah …
A.       cita-cita
B.       harapan
C.       kenangan
D.       kepandaian

34.    Perhatikan kalimat acak berikut!
1)   Cuci kembali potongan-potongan buah yang tadi direndam dalam air kapur hingga bersih.
2)   Tuangkan campuran air, gula, garam, cabe, dan sitrun tadi ke dalam toples. Simpan untuk masa pematangan selama kurang lebih 4 hari.
3)   Buah-buahan dicuci bersih, dikupas, dan dipotong-potong rendam dalam air kapur 30 menit.
4)   Larutkan gula ke dalam air mendidih. Bisa juga menggunakan takaran umum yaitu 600 gram gula untuk 1 liter air.

Urutan cara membuat manisan buah yang tepat adalah ….
A.       (1) – (4) – (3) – (2)
B.       (2) – (4) – (3) – (1)
C.       (3) – (4) – (1) – (2)
D.       (4) – (3) – (2) – (1)

35.    Cermati kalimat acak berikut!
1)   Sayang, sekarang ditutup untuk sementara waktu karena
2)   Gunung Tangkuban Perahu merupakan objek wisata di utara Lembang.
3)   Para Turis domestik pergi ke sana ingin melihat keindahan kawahnya.
4)   Paling rame pengunjung biasanya datang pada saat musim liburan.

Agar menjadi paragraf  yang padu, urutan yang benar adalah ...
A.       (4) – (2) – (3) – (1)
B.       (3) – (4) – (2) – (1)
C.       (2) – (3) – (4) – (1)
D.       (1) – (2) – (3) – (4)

36.    Zaki tidak sekolah.
Zaki masuk rumah sakit.
Penggabungan dua kalimat yang tepat adalah ...
A.       Zaki tidak sekolah dan Zaki masuk rumah sakit.
B.       Zaki tidak sekolah meskipun masuk rumah saki.
C.       Zaki tidak sekolah tetapi masuk rumah sakit.
D.       Zaki tidak sekolah karena masuk rumah sakit.

37.    Selvi nilai rapornya sangat bagus ... ia mendapat peringkat kesatu.
A.       tetapi
B.       karena
C.       supaya
D.       sehingga

38.    Perhatikan penggalan surat berikut!
Salam Pramuka,
Diberitahukan kepada seluruh pengurus Gugus Depan 1025 dan 1026 untuk ...
Dimohon kakak-kakak kehadiranya pada:
hari dan tanggal        : Selasa,13 April 2015
waktu                        : pukul 13.00 s.d selesai
tempat                       : Ruang Kelas 5
            Terima kasih atas perhatianya.

Kalimat efektif untuk melengkapi surat tersebut adalah ...
A.       rapat agar segera dilaksanakan.
B.       perhatian bagi anggota Pramuka.
C.       rapat menyusun program perkemahan.
D.       menghadiri rapat perkemahan.
39.    Cermati contoh surat undangan berikut!
Sahabat tercinta
Datang yah, pada hari ulang tahunku (...)
hari / tanggal                    : Minggu, 24 April 2015
waktu                               : pukul 14.00 – 17.00
tempat                             : Rumah Makan Selera Sunda
Kehadiranmu sangat aku tunggu!

Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat surat tersebut adalah ...
A.       tanda titik (.)
B.       tanda petik (“)
C.       tanda tanya (?)
D.       tanda seru (!)

40.    Perhatikan pengumuman berikut!
Pengumuman
          Libur semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 mulai tanggal 24-31 Desember 2014. Masuk kembali sekolah ... 2 mulai tanggal 2 Januari 2015.

Kepala Sekolah,
Drs. Ubed

Kata yang tepat untuk untuk melengkapi teks kalimat pengumuman tersebut adalah ...
A.       bulan
B.       semester
C.       triwulan
D.       caturwulan

41.    Perhatikan dialog berikut!
Wawan          : “Hallo, Assalamualaikum Wr. Wb”
Ibu                : “Waalaikumsalam wr. wb, dengan siapa Ibu berbicara?”
Wawan          : “ Wawan Bu, Farid ada?”
Ibu                : “ ... !”
Farid             : “ Sebentar Bu!”
Farid             : “Hallo, Assalamualaikum Wr. Wb. Ada apa Wan?”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog di atas adalah ...
A.       Ada, Rid, ada telepon dari temanmu.
B.       Maaf, Ibu, memasak dulu yah.
C.       Sebentar, maaf, Ibu mau pergi
D.       Tidak ada, tadi berangkat.

42.    Perhatikan ilustrasi berikut!
Heri tinggal bersama neneknya. Ia ditelepon oleh ibunya untuk mengisi bio data perlombaan baris berbaris. Heri tinggal di Jalan Surya Kencana 45 Bandung. Lahir di Bandung, pada 12 Januari 2003. Kesibukan seharinya selain sekolah, aktif dalam ekstrakurikuler Pramuka, karena kegemarannya berkemah. Gugus Depannya sekarang  sedang sibuk berlatih baris berbaris untuk mengikuti perlombaan. Lomba diselenggarakan di Gedung Guru Jl. Surya Somantri 27 Bandung. Formulir bio datanya sebagai berikut.
Nama                                                :  ...  (1)
Tempat dan tanggal lahir      :  ...  (2)
Kegemaran                            :  ...  (3)
Alamat                                  :  ...  (4)

Isian yang tepat untuk mengisi nomor 4 adalah ...
A.       Jalan Surya Kencana 45 Bandung.
B.       Jalan Surya Somantri 27 Bandung.
C.       Gedung Guru Jalan Surya Somantri 27 Bandung.
D.       Jalan Surya Kencana Bandung.

Perhatikan teks pidato di bawah ini untuk nomor 43 dan 44!
Sebagai ketua RW 02, banyak yang harus kita garap dilingkungan  ini diantaranya: sampah masih menumpuk di pingir jalan, parit-parit tersumbat sampah, jalan di gang banyak yang rusak tergerus air. Oleh karena itu, kita harus bertanggungjawab terhadap lingkungan kita. Kita harus berbuat untuk lingkungan ini! ... dan kita bereskan pada hari minggu, 11 april 2015.

43.    Kalimat yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah ...
A.      Marilah kita melihat bersama-sama lingkungan ini.
B.       Marilah kita berdoa agar lingkungan ini lebih bersih lagi.
C.       Marilah kita bergotong-royong untuk kebersiahn lingkungan ini.
D.      Marilah kita bekerja di masing-masing rumahnya.

44.    Perbaikan ejaan pada kalimat digarisbawahi adalah ...
A.       Minggu, 11 april 2015.
B.       minggu, 11 April 2015.
C.       Minggu  11 april 2015.
D.       Minggu, 11 April 2015.

45.    Cermati contoh surat undangan berikut!
Nomor           : 21/SD-20202632/IV/2015                                         Bandung, 3 Maret 2015
Lampiran       : -
Perihal           : Perpisahan Kelas 6
Sifat              : Biasa

Kepada
Yth. Orang Tua Siswa Kelas 6
Dengan hormat,
Menindaklanjuti program dan proposal pengajuan dari Guru Kelas 6 mengenai perpisahan, kami bermaksud merencanakan sebagaimana hal tersebut di atas.
Untuk itu mohon kehadiran Bapak/Ibu untuk musyawarah pada:
hari / tanggal             : Selasa, 5 Maret 2015
waktu                        : pukul 13.00 sampai selesai
tempat                       : Ruang Kelas 1 SDN Cipta Pesona
Atas perhatiannya kita mengucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah,
Hermanita, S.Pd

Penggunaan kata digarisbawahi/cetak tebal seharusnya ...
A.       dikau
B.       kalian
C.       mereka
D.       kami

46.    Bacalah cuplikan laporan berikut!
Karena masa jabatannya sudah habis di Yayasan Pendidikan Buana, maka yang menjadi pejabat sementara adalah dr. h. sastra Sanjaya, SH. Beliau punya reputasi yang bagus dan berasal dari akademisi.

Penulisan yang tepat sesuai ejaan pada kalimat yang dihitamkan adalah ...
A.       Dr. H. Sastra Sanjaya, sH.
B.       dR. H. sastra Sanjaya, SH.
C.       Dr. H. Sastra Sanjaya, Sh.
D.       Dr. H. Sastra Sanjaya, SH.

47.    Perhatikan laporan berikut!
Laporan Kunjungan

Anak kelas 6 pada hari Kamis, 2 Maret 2015. Pukul 13.00 melakukan kunjungan untuk melihat secara langsung aktivitas di Kantor Desa Cimaja. Masing-masing kelompok mempunyai tugas masing-masing. Ada yang melakukan wawancara, pengamatan dan menulis data-data. Kesimpulannya sebagai berikut: pada saat kunjungan aktivitas di Desa Cimaja tidak nampak kesibukan. Pelayan pengurusan KTP  ada satu dua orang. Di bagian Polindes (Poliklinik Desa) masih ramai untuk ...

Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan kunjungan tersebut adalah ...
A.       melayani pembuatan KTP dan KK oleh Sekretaris.
B.       melayani Ibu hamil dan KB oleh Bidan Besa
C.       melayani pembuatan akta tanah dan pembayaran PBB.
D.       melayani pembagian beras untuk keluarga miskin.

48.    Bacalah pantun berikut!
Tanam padi di tengah sawah 
Sawah subur selalu basah 
Pagi hari pergi sekolah 
...

Kalimat tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A.       Sore hari ke madrasah
B.       Sore hari ke sawah
C.       Sore hari mengasah ilmu
D.       Sore hari kebasahan

49.    Perhatikan gambar berikut!

Paragraf  yang sesuai dengan gambar tersebut adalah ...
A.       Sekolahku terletak di sebrang jalan, sehingga setiap pagi aku meminta tolong Pak Polisi untuk menyebrang di jalan raya yang padat. Zebra Cross tak pernah dimanfaatkan karena kurang praktis.
B.       Lampu stopan mati. Pak Polisi mengatur kelancaran lalu-lintas. Ada anak turun dari angkutan kota, sementara Zebra Cross tidak dimanfaatkan oleh anak-anak sekolah.
C.       Sekolahku terletak di tengah keramaian kota, sehingga untuk menyebrang ke sekolah harus hati-hati. Bahkan untuk menyebrang harus melewati Zebra Cross atau harus dibantu oleh Pak Polisi.
D.       Anak sekolah meloncat dari angkutan kota, sementara Pak Polisi hanya berdiam diri. Anak yang baik menyebrang melewati Zebra Cross. Hiruk pikuk lalu-lintas sangat padat pagi ini.

50.         Sepak Bola menjadi tontonan menarik untuk tua muda, laki-laki maupun perempuan saat ini. Sayang kita belum biasa menahan kendali saat menonton club kesayangan di stadion. Paling parah kalau menelan kekalahan mereka melempar pemain lawan dengan botol air mineral, memaki dengan kata-kata kotor, berkelahi dengan supporter lawan, masuk ke arena pertandingan, membakar kembang api dan lain-lain. Andaikan saya jadi supporter akan ....

Kalimat yang tepat
A.       Duduk tertib untuk mendukung club kesayangan sambil memaki-maki.
B.       Duduk berdesakan untuk mendukung club kesayangan saling melempar.
C.       Duduk berdesakan untuk mendukung club kesayangan sambil memaki-maki.
D.       Duduk tertib untuk mendukung club kesayangan sambil bersorak-sorai.

0 Comments:

Posting Komentar